Menurut Kamus Bahasa Indonesia SLTA, dijelaskan bahwa ”minat adalah,keinginan untuk memperhatikan atau melakukan sesuatu”.
Schiffman dan Kanuk (2004:25), menjelaskan bahwa pengaruh eksternal,  kesadaran akan kebutuhan, pengenalan produk dan evaluasi alternatif  adalah hal yang dapat menimbulkan minat beli konsumen. Pengaruh  eksternal ini terdiri dari usaha pemasaran dan faktor sosial budaya
menurut Simamora (2002:131) minat adalah sesuatu yang pribadi dan  berhubungan dengan sikap, individu yang berminat terhadap suatu obyek  akan mempunyai kekuatan atau dorongan untuk melakukan serangkaian  tingkah laku untuk mendekati atau mendapatkan objek tersebut.
Menurut Kotler, Bowen dan Makens (1999:156) mengenai minat beli : minat  beli timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif dan di dalam  proses evaluasi, seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai  produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun minat.
Menurut Kotler dan Keller (2003:181), customer buying decision – all
their experience in learning, choosing, using, even disposing of a product. Yang
kurang lebih memiliki arti minat beli konsumen adalah sebuah perilaku konsumen dimana
konsumen mempunyai keinginan dalam membeli atau memilih suatu produk,  berdasarkan pengalaman dalam memilih, menggunakan dan mengkonsumsi atau  bahkan menginginkan suatu produk. 
menurut Kotler dan Keller (2003:186) the consumer may also form an  intention to buy the most preffered brand yang berarti bahwa konsumen  mempunyai keinginan untuk membeli suatu produk berdasarkan pada sebuah  merek.
Menurut Boyd, Walker, dan Larreche (2000:6-7), seseorang menginginkan  produk, merek, dan jasa tertentu untuk memuaskan kebutuhan. Selain itu  keinginan orang juga dibentuk oleh pengaruh sosial, sejarah masa lalu,  dan pengalaman konsumsi.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
Swastha dan Irawan (2001) mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi  minat membeli berhubungan dengan perasaan dan emosi, bila seseorang  merasa senang dan puas dalam membeli barang atau jasa maka hal itu akan  memperkuat minat membeli, ketidakpuasan biasanya menghilangkan minat.
Membangun Minat Beli : Definisi, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi dan Minat Pembelian Ulang (Future Intention)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)






0 komentar:
Posting Komentar