Perkembangan Teknologi Komputer



            Seiringperkembangan zaman yang semakin canggih. Kemajuan teknologi di berbagai bidangjuga menunjukkan kelebihan dan kemajuannya. Salah satunya adalah teknologidalam bidang komputer. Teknologi komputer pada masa ini sudah menjadi bagiansehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.
          Kehidupanmanusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi di lepaskan dari teknologikomputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis komputer saat ini yang umumdigunakan dan dimiliki oleh masyarakat misalnya Personal Data Assistant (PDA),Global Position System (GPS), Mobile Computer (dekstop, laptop), Mobile Phone(HP), Translator dan sebagainya.
          Komputer(compute) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (tocompute / to recleon). Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkanorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpaalat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
          Awalmula teknologi omputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang ProfesorMatematika Inggris Chartes Babbage (1791 – 1871). Tahun 1812 Babbagememerhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan Matematika.
          Mesinmekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali  tanpa keselahan, sedang matematikamembutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Perkembanganilmu teknologi computer semakin maju sejak dirintis pertama kali oleh Babbagesebagai Bapak Computer pertama kali.
          Dariyang berukuran besar dan berton-ton beratnya hingga sekarang komputer bisadibwa kemana-mana. Bahkan, ada yang bisa dimasukkan ke dalam saku miripHandphone dan bisa mengakses internet. Umat manusia telah mencapai kemajuansangat pesat dalam separuh abad ini dibandingkan semua tahapan dalam sejarahmanusia.
          Salahsatu alasan adalah kemajuan pesat dalam bidang teknologi computer, yangmerupakan salah satu hal penting dalam teknologi informasi. Saat ini teknologiinformasi sudah menyentuh setiap aspek kehidupan manusia.
          Padamulanya, para ahli membuat teknologi computer hanya untuk mengolah data dalammembantu mempermudah pekerjaan ilmiwan. Lama kelamaan merambat ke duniaPerkantoran dan Pendidikan. Kini, hampir semua bidang kehidupan saat ini sangatmemerlukan teknologi computer.
          Makadari itu, ketrampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting diperlukandalam proses belajar / mengajar dari TK sampai Universitas, dan dalam kehidupansehari-hari.
          Teknologicomputer sangat membantu sebagai Alat Bantu (media), Alat Uji, Alat Peraga yangdapat berinteraksi dengan siswa/anak. Namun, interaksi komputer dengan anak,tetap memerlukan peran manusia (pengajar / guru yang berpengalaman).
          Untukmengamalkan teknologi computer sangat diperlukan ialah :
·     Tenagapengajar yang berpengalaman.
·     PengadaanPeralatan LAB komputer dan lain-lain.
Saat ini sudah banyak sekolahyang menjadi sekolah favorit karena mempunyai tenaga pengajar komputerberpengalaman, memiliki LAB komputer yang memadai lengkap dengan internet 24Jam.
Semoga pendidikan dengan bantuankomputer bisa membuat proses belajar tidak lagi membosankan dan bisa membuatpendidikan Indonesia bangkit mengejar dan mengalahkan Negara Maju.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar