ORGAN REPRODUKSI PADA MANUSIA


       Berdasarkan cara perkembangbiakannya manusia tergolong  vivipardengan fertilisasi internal.Ditinjau dari jenis kelaminnya, manusia dapat dibedakan menjadi pria danwanita. Pria dan wanita mempunyai organ reproduksi yang berbeda.

1.  Organ Reproduksi Pria
    Organ reproduksi pria mempunyai 2 fungsi reproduksi, yaitu produksi selkelamin dan pelepasan sel-sel kesaluran sel kelamin wanita. Organ reproduksipria terdiri atas 4 bagian utama, yaitu testis, vas deferens, kantong sperma, dan penis.

a. testis
    Testis berjumlah sepasang dan terbentuk bulat telur. Testis tersimpandalam suatu kantong yang disebut skrotum ataukantong buah zakar. Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma danhormone kelamin (testoteron).

b. Vas defferens
    Vas deferens merupakan saluran yang menghubungkan testis dan kantongsperma. Vas deferens berjumlah sepasang. Bagian ujungnya terletak di dalamkelenjar prostat.

c. Kantong Sperma
   Kantong sperma berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menampung spermasebelum dikeluarkan dari tubuh seorang pria.

d. Penis
    Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran urine dansaluran sperma.


2. Organ reproduksi wanita
     Organ reproduksi seorang wanita terdiriatas ovarium (induk telur), oviduk/tubafallopi (saluran telur), dan vagina.

a. Ovarium
    Ovarium berjumlah sepasang dan berfungsimenghasilkan sel telur (ovum). Ovarium terletak di rongga perut tepatnya didaerah pinggang kiri dan kanan. Ovarium diselubungi oleh kapsul pelindung danmengandung beberapa folikel. Setiap folikel mengandung satu sel telur. Folikelmerupakan struktur, seperti bulatan-bulatan yang mengelilingi oosit danberfungsi menyediakan makanan dan melindungi perkembangan sel telur.
   Sel telur yang telah masak akan lepas dariovarium. Peristiwa itu disebut ovulasi.Selain menghasilkan sel telur, ovarium juga berfungsi menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.

b. Oviduk
    Oviduk berjumlah sepasang dan berfungsimenggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltic. Ujungnya berbentukcorong berjumbai-jumbai (fimbrae).Fimbrae berfungsi untuk menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. Pembuahansel telur oleh sperma terjadi pada oviduk, selanjtnya ovum yang telah dibuahibergerak ke rahim (uterus).
   Rahim merupakan tempat pertumbuhan danperkembangan embrio hingga dilahirkan. Rhim manusia bertipe simpleks, artinyahanya mempunyai satu rungan. Pada wanita yang belum pernah melahirkan, biasanyarahim berukuran panjang 7 cm dan lebar 4 cm. Rahim bagian bawah mengecil  
 
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar