PERKEMBANGAN IT DI INDONESIA SAAT INI


Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasimaupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dangolongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untukmempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunanindividu maupun kelompok.Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepatadalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk       teknologi dan kecanggihannya. Saat initerjadi persaingan yang ketat antara 2 teknologi komunikasi yaitu selular danFWA (fixed Wireless Access).Adapun perkembangan teknologi komunikasiterutama teknologi selular sudah di mulai sejak pertengahan tahun 90 an denganmengusung teknologi 1G (Generasi Pertama) dengan menggunakan teknologiAMPS (Advance Mobile Phone System). Dimana teknologi AMPS ini pertamakali dipergunakan oleh pihak militer di Amerika Serikat.
Dalam kurun waktu10 tahun sejak lahirnya AMPS suda terjadi perkembangan yang sangat pesat denganberbagai penemuan atau inovasi teknologi komunikasi dan , akhir tahun 90 anmuncullah teknologi 2G (Generasi Kedua). perbedaan utama dari teknologi G1 danG2 adalah g1 masih menggunakan sistem Analog sedangkan G2 sudahmenggunakan sistem Digital. Teknologi 2G dapat dibagi ke dalam duakelompok besar, yaitu TDMA (time division multiple access) dan CDMA (codedivision multiple access). TDMA sendiri berkembang ke dalam beberapa versi,yaitu GSM di Eropa, IDEN di Amerika, PDC di Jepang. Sedangkan CDMA berkembangpesat di AS dan Kanada. Kemampuan mencolok teknologi 2G adalah tidak hanyadapat digunakan untuk telpon,(voice) tetapi juga untuk mengirim SMS (ShortMessage Service) yaitu mengirim pesan singkat dengan menggunakantext.Dengan adanya kehadiran teknologi generasi kedua, maka muncullah telnologiselular yg baru yaitu, GSM (Global System for Mobile communications) Suatusistim komunikasi wireless 2G. Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz. Generasi selular kedua yang mempebaharuigenerasi pertama dalam bidang teknologinya yaitu digital, yang pada teoridasarnya merupakan pembaharukan dalam bidang transfer data, contohnya adalahGSM (menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE) dan cdmaOne.Dengan adanyateknologi Generasi Kedua ini membuat perkembangan teknologi semakin cepatdengan menghadirkan berbagi kelebihan/fitur yang ditawarkan teknologigenerasi kedua ini selain mengirim SMS dan voice. Tapi semua kelebihan ini jugamasih belum memuaskan para ahli untuk mengembangkan teknologi yang lebih bagusdengan segala kelebihannya dri teknologi terdahulu (generasi pertama dankedua).
Maka awal tahun2000 an muncullah teknologi generasi 2.5 (2.5 G) yang mempunyai kemampuantransfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (GeneralPacket Radio Service) dan EDGE (EnhancedData rates for GSM Evolution) Suatu protokol yang mengatur cara kerjatransfer data pada sistim wireless GSM. Dalam teorinya kecepatan transfer dataEDGE dapat mencapai 384 Kbps. Teknologi 2G ada perbaikan cukup signifikan,sehingga muncullah variannya, yaitu 2.5G dan 2.75G. Varian ini tidak dibuatoleh konsorsium, tetapi sebagai strategi pemasaran oleh beberapa pabrik ponsel.Ciri khas teknologi 2.5G (generasi dua setengah) adalah teknologi GPRS (globalpackage radio service) yang dapat digunakan untuk berkirim data dalam jumlahbesar, tidak seperti SMS yang hanya dapat mengirim dan menerima alfa numeriksaja. Generasi 2.5G ini ada juga yang menamakannya dengan generasi 2.75G,karena lebih dekat dengan teknologi 3G. Teknologi 2.5G (atau 2.75G) ini, disistem GSM disebut sistem EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) sedangpada sistem CDMA disebut dengan CDMA 2000 1x. Keduanya memiliki kecepatantransfer data mendekati 144KB/detik. Evolusi dan perkembangan teknologikomunikasi ini tidak berhenti sampai disini, Negara-negara besar di Dunia baikitu Eropa, Asia & Amerika secara berlomba-lomba mengembangkan inovasi danpenelitian untuk menghadirkan teknologi yang mutakhir. Setelah adanya teknologiGenerasi Pertama, Kedua dan teknologi 2.5 G, maka disusul kemudian denganGenerasi Ketiga (3G) yang menawarkan kelebihan yg lebih baik lagi baik darisegi kemampuan fitur dan Transfer Data dengan memiliki kecepatanTransfer data lebih cepat dari sebelumnya dalam menghadirkan layanan yangsangat dibutuhkan oleh pelanggan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar