PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Saat  ini  komputer  bukan  lagi  merupakan  barang  mewah, alat  ini  sudah  digunakan  di  berbagai  bidang  pekerjaan  seperti  halnya  pada  bidang  pendidikan. Pada  awalnya  komputer  dimanfaatkan  di  sekolah  sebagai  penunjang  kelancaran  pekerjaan  bidang  administrasi  dengan  memanfaatkan  software  Microsoft  word, excel  dan  access. 
Dengan  masuknya  materi  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  dalam  kurikulum  baru, maka  peranan  komputer  sebagai  salah  satu  komponen  utama  dalam  TIK  mempunyai  posisi  yang  sangat  penting  sebagai  salah  satu  media  pembelajaran. 
Kutipan  dari  Kurikulum  untuk  Mata  Pelajaran  Teknologi  Informasi  dan  
Komunikasi
·            Visi  mata  pelajaran  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  yaitu  agar  siswa  dapat  dan  terbiasa  menggunakan  perangkat  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  secara  tepat  dan  optimal  untuk  mendapatkan  dan  memproses  informasi  dalam  kegiatan  belajar, bekerja, dan  aktifitas  lainnya  sehingga  siswa  mampu  berkreasi, mengembangkan  sikap  imaginatif, mengembangkan  kemampuan  eksplorasi  mandiri, dan  mudah  beradaptasi  dengan  perkembangan  baru  di  lingkungannya.
  Melalui  mata  pelajaran  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  diharapkan  siswa  dapat  terlibat  pada  perubahan  pesat  dalam  kehidupan  yang  mengalami  penambahan  dan  
perubahan  dalam  penggunaan  beragam  produk  teknologi  informasi  dan  komunikasi. Siswa  menggunakan  perangkat  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  untuk  mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan  saling  tukar  informasi  secara  efisien  dan  efektif. 
Dengan  menggunakan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi, siswa  akan  dengan  cepat  mendapatkan  ide  dan  pengalaman  dari  berbagai  kalangan. Penambahan  kemampuan  siswa  karena  penggunaan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  akan  mengembangkan  sikap  inisiatif  dan  kemampuan  belajar  mandiri, sehingga  siswa  dapat  memutuskan  dan  mempertimbangkan  sendiri  kapan  dan  dimana  penggunaan  teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  secara  tepat  dan  optimal, termasuk  apa  implikasinya  saat  ini  dan  dimasa  yang  akan  datang.
 Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  (TIK) mencakup  dua  aspek, yaitu  Teknologi  Informasi dan  Teknologi  Komunikasi . Teknologi  In formasi, meliputi  segala  hal  yang  berkaitan  dengan  proses, penggunaan  sebagai  alat  bantu, manipulasi, dan  pengelolaan  informasi. Teknologi  Komunikasi  merupakan  segala  hal  yang  berkaitan  dengan  penggunaan  alat  bantu  untuk  memproses  dan  mentransfer  data  dari  perangkat  yang  satu  ke  lainnya. Karena  itu, Teknologi  Informasi  dan  Teknologi  Komunikasi  adalah  suatu  padanan  yang  tidak  terpisahkan  yang  mengandung  pengertian  luas  tentang  segala  kegiatan  yang  terkait  dengan  pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan  transfer/pemindahan  informasi  antar  media.
 Secara  khusus, tujuan  mempelajari  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  adalah: 
1. Menyadarkan  siswa  akan  potensi  perkembangan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  yang  terus  berubah  sehingga  siswa  dapat  termotivasi  untuk  mengevaluasi  dan  mempelajari  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi        sebagai  dasar  untuk  belajar  sepanjang  hayat. 
2. Memotivasi  kemampuan  siswa  untuk  bisa  beradaptasi  dan  mengantisipasi  perkembangan  Teknologi  In formasi  dan  Komunikasi, sehingga  siswa  bisa  melaksanakan  dan  menjalani  aktifitas  kehidupan  sehari ­hari  secara  mandiri  dan  lebih  percaya  diri. 
3. Mengembangkan  kompetensi  siswa  dalam  menggunakan  Teknologi Informasi  dan  Komunikasi  untuk  mendukung  kegiatan belajar, bekerja, dan  berbagai  aktifitas  dalam  kehidupan  sehari ­hari. 
4. Mengembangkan  kemampuan  belajar  berbasis  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi, sehingga  proses  pembelajaran  dapat  lebih  optimal, menarik, dan  mendorong  siswa  terampil  dalam  berkomunikasi, terampil  mengorganisasi  informasi, dan  terbiasa  bekerjasama. 
5. Mengembangkan  kemampuan  belajar  mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan  bertanggungjawab  dalam  penggunaan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  untuk  pembelajaran, bekerja, dan  pemecahan  masalah  sehari ­hari. 
Dengan  melihat  isi  dari  kurikulum  tersebut, kita  harus  mengintegrasikan  TIK  dalam  proses  belajar  mengajar  di  madrasah  bukan  hanya  untuk  mata  pelajaran  teknologi  dan  Informasi  saja. 
Melihat  kondisi  TIK  pada  saat  ini  dan  perkembangannya  di  masa  datang, kita  harus  mempersiapkan  diri  dan  melakukan  perencanaan  yang  matang  dalam  mengimplementasikan  TIK  di  madrasah. Jika  kita  tidak  memulainya  sekarang  maka  madrasah  sebagai  salah  satu  institusi  pendidikan  selain  sekolah  yang  berada  dibawah  Depdiknas  akan  tertinggal  oleh  sekolah  lain. Jika  ini  terjadi, usaha  kita  akan  semakin  berat  untuk  mensejajarkan  madrasah  dengan  sekolah  lain. Di  satu  sisi, kita  sedang  berusaha  mengejar  ketertinggalan  dalam  mata  pelajaran  khususnya  MIPA  dan  Bahasa  Inggris, di  sisi  lain  TIK  akan  membuat  kita  tertinggal  semakin  jauh. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar