Cara Menonaktifkan Startup Untuk Mempercepat Komputer

Ketika Windows pertama kali booting, semua program-program yang berada dalam menu Start Up akan secara otomatis berjalan, sebagai indikatornya anda akan melihat berbagai macam item/icon program di Pojok Kanan Taskbar Windows (di sebelah icon/menu jam). Semakin banyak icon/item program disini, itu artinya semakin banyak pula program yang berjalan ketika Windows booting, itu artinya juga maka akan semakin berat kinerja komputer anda, sebab bagaimana pun juga program-program tersebut mengkonsumsi memori komputer anda.

Fitur Start Up memang berguna terutama bila anda menginginkan program kesayangan anda secara otomatis berjalan ketika Windows Booting. Tapi dalam kenyataan, fitur ini justru seringkali dimanfaatkan oleh virus, untuk ikut bersama-sama berjalan otomatis ketika Windows Booting dan akhirnya menjadi aktif terus selama Windows beroperasi. Selain itu terlalu banyaknya Program yang aktif di Start Up, akan menyeb`bkan komputer anda lemot dan tidak bekerja secara maksimal. Anda tentu tidak ingin kan, komputer anda berjalan lambat hanya karena program-program yang tidak anda butuhkan?


Untuk Menonaktikan Start Up Item anda bisa melakukan dua langkah berikut ini.



Pertama : Pada menu RUN (Start Menu | RUN) masukan “msconfig” tanpa tanda kutip, kemudian tekan Enter atau OK, sehingga kemudian akan muncul jendela System Configuration Utility, Klik Tab StartUp, maka anda akan melihat daftar berbagai macam program yang otomatis aktif ketika Windows Booting, untuk menonaktifkan / mencegah program tersebut aktif ketika Windows Booting, anda hanya perlu menghilangkan tanda ceklist pada program tersebut. Pilihlah program-program apa saja yang tidak anda perlukan dan kemudian hilangkan tanda ceklistnya (Untuk Antivirus, sebaiknya anda tetap beri ceklist), setelah itu klik Apply kemudian OK, dan Restart komputer Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar